Sabtu, 20 September 2008

Buku Harian

Buku Harian


Buku Harian adalah buku catatan kejadian sehari-hari yang penulisannya dilakukan setiap hari

Penulisan buku harian terdiri atas beberapa bagian, bagian-bagian tersebut adalah:
.Tanggal
Tanggal digunakan untuk mencatat kapan peristiwa itu terjadi.
.Waktu
Waktu digunakan untuk mencatat kapan berlangsungnya/terjadinya suatu peristiwa .Dalam waktu dituliskan pada jam berapa kalau perlu kapan berlangsungnya kejadian itu.
.Peristiwa
Peristiwa digunakan untuk menulis atau mendeskripsikan kegiatan yang akan dilaksanakan atau peristiwa yang dialami secara kronis
.Tokoh
Di dalam buku harian harus ada tokoh seperti penulis atau seseorang yang ada di dalam cerita buku harian tersebut
.Salam
Di dalam sebuah harus ada salam pembukanya seperti Dear Diary,halo,hai,DLL

Apa saja yang dituliskan di buku harian?
Ø Sesuatu yang berkesan
Ø Kejadian-kejadian penting
Ø Spesial
Ø Berbeda(seperti juara kelas,DLL)

Untuk menuliskan buku harian yang baik harus memperhatikan poin-poin berikut:
ü Kronogis(berurutan/beruntun)
Dalam sebuah buku harian harus ditulis secara kronologis(berurutan/beruntun) agar buku harian kita teratur dan memudahkan kita untuk membaca buku harian dan mencari kejadian pada tanggal tertentu
ü Dihias
Buku harian kita lebih baik jika dihias jadi kita nyaman dalam membaca buku harian kita dan agar buku harian kita menjadi semakin menarik
ü Bahasa Ekspersif
Bahasa ekspresif adalah bahasa yang mewakili perasaan kita seperti wah,wuih,senangnya,wow,DLL.
ü Tulisannya rapi
Tulisan kita harus rapi agar kita tidak pusing membacanya dan membuat membaca buku harian kita menyenangkan
ü Bahasa sehari hari
Bahasa yang digunakan dalam menulis buku harian sebaiknya bahasa sehari-hari agar kita nyaman membacanya karena sudah terbiasa dengan bahasa yang di buku harian tersebut

-o-






Sabtu 26 Juli 2008


Hari ini adalah hari yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan karena pada hari ini di sekolah akan diadakan acara khataman dan pengumuman kelulusan.Setelah bangun tidur aku langsung siap-siap untuk berangkat ke sekolah.
Sesampainya di sekolah aku langsung menuju masjid dan mengikuti acara khataman, aku berlatih untuk acara ini lebih dari dua minggu lho.., syukurlah acaranya berjalan dengan lancar.
Setelah itu aku langsung ke hall karena ada acara syukuran di hall disitu disediakan tumpengan selamatan kelulusan, kami makan dengan jantung yang berdebar-debar karena setelah ini adalah acara pengumuman kelulusan.
Kami menuju lapangan untuk acara pengumuman kelulusan dug..dug..dug..jantungku berdebar-debar ketika kami diberikan sebuah amplop, lalu kami membukanya wah.. ternyata satu angkatan lulus semua dan juga aku lulus dengan nilai yang baik.Lalu diumumkanlah nilai-nilai tertinggi, wah... senangnya aku mendapatkan juara 1 UAS dan ranking 6 UASBN dan UAS, aku dipanggil kedepan karena perinkat tersebut betapa senang dan bangganya aku bisa berdiri didepan teman-teman atas prestasiku, ketika aku masih berdiri ada air yang jatuh dari atas kukira hujan ternyata itu adalah air Hydrant yang disemprotkan dari berbagai arah, kami semua basah kuyup karena disemprot air.
Setelah ganti baju aku menuju kelasku karena aku tidak akan bertemu teman-temanku lagi, kami semua senang sekaligus sedih karena harus berpisah setelah 6 tahun bersama.Lalu aku pulang pada jam 1 siang, ahhhh akhirnya hari yang menegangkan berakhir dengan prestasiku yang baik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ceritanya bagus, gw juga pengen jadi kayak lw ha...ha....ha.....

Anonim mengatakan...

gw gak sk bhs. indo. jadi gw gak baca




tapi keliatanna bgs





Raxeon Colhart