Minggu, 08 Maret 2009

Wawancara dengan Andy F. Noya

Wawancara dengan Andy F. Noya






Anggota Kelompok :
Gde Pranabhawa Wicaksana (8)
Moh. Reka (11)
Rinaldo Indra Rachman(17)
Talitha Rea Abiza (19)


Tujuan melakukan wawancara:
1) Memenuhi tugas Bahasa Indonesia (Tugas Wawancara)
2) Mengetahui bagaimana menjadi pewawancara handal.Mengetahui bagaimana orang menjalankan profesinya.

Tokoh yang kami wawancarai adalah, seorang pewawancara handal. Bp. Andy F. Noya adalah seorang yang memulai kariernya sebagai wartawan, dalam salah satu profesinya, Beliau membuat program tayangan televisi “Kick Andy” di Metro TV. Kami sebut pewawancara handal karena program acara televisinya mendapat predikat talk show terbaik dari seluruh stasiun TV.
Wawancara dilakukan pada Hari Minggu 7 Desember 2008, oleh kami Prana, Reka, Rio, Talitha di Bread And Breakfast. Rest, yang berlokasi di perumahan Bumi Serpong Damai. Wawancara berlangsung dari pukul 14.15 sampai pukul 15.15.

Andy Flores Noya (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 November 1960) adalah wartawan dan presenter televisi IndonesiaPertama kali terjun sebagai reporter ketika pada 1985 Andy membantu Majalah Tempo untuk penerbitan buku Apa dan Siapa Orang Indonesia. Saat itu pemuda berdarah Ambon, Jawa, dan Belanda ini masih kuliah di Sekolah Tinggi Publisitik (STP) Jakarta.
Pedidikan:
-SD Sang Timur
-Sekolah Teknik Jawa Timur
-STM Jayapura
-Sekolah Tinggi Publisistik
Pekerjaan:
-Reporter majalah tempo
-Memimpin Seputar Indonesia
-Memimpin Redaksi Metro TV
-Memimpin Redaksi Media Indonesia
-Host Jakarta Round Up
-Host Jakarta First Channel di Radio Trijaya
-Host Acara Kick Andy

Berikut adalah kutipan wawancara kami :
Prana(P): Permisi Pak Andy, saya Prana, ini Rio, Reka, dan Talitha. Kami dari kelas Akselerasi tahun pertama SMP Labschool Kebayoran, ingin minta tolong untuk bisa mewawancarai bapak.
Andi(A): Akan saya tolong.

P: Terimakasih pak sebelum masuk ke wawancara pak Andy
bisa kami panggil apa ya ?
A: Apa saja juga boleh

P: Baiklah kalau begitu kami panggil bapak saja ya.

Reka(R): Inilah pertanyaan kami yang pertama,
Ide Awal apa sih yang mewujudkan acara Kick Andy ?
A: Program ini diharapkan menjadi seperti Larry King dan pertanyaannya tajam, sehingga seperti di kick, nah karena yang menge-kick itu saya, maka jadi nama acara “Kick Andy.””

Rio(r):Kalau pesan yang ingin disampaikan acara ini apa ya pak ?
A:”Moral “yang paling kuat dari Kick Andy adalah bagaimana orang – orang yang menonton acara kick andy itu termotivasi, terinspirasi. Contohnya, orang yang memiliki keterbatasan hidup, masih memiliki semangat hidup yang tinggi

Talitha(T):Apakah tayangan kick andy ditayangkan di luar negeri?
A:Untuk sekarang ini yang saya tahu baru Copy-nya yang beredar di luar negeri, kalau waktu ditayangkan itu baru bisa ditangkap oleh Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Pernah ada orang kedutaan Amerika di Indonesia yang belajar bahasa Indonesia dari Copy kick Andi sebelum sampai Indonesia, bahkan setiap satu minggu setelah ditayangkan, Kick Andy akan dimasukkan ke www.youtube.com .

P:Ngomong – ngomong soal Pekerjaan, apa bapak punya pekerjaan selain menjadi pembawa acara Kick Andy?
A:Selain menjadi Host Kick Andy ,bapak juga merupakan adviser dari group media, selain itu bapak juga merupakan anggota redaksi Group Media. Diluar itu ada satu lagi, Om ini merupakan Presiden Direktur dari majalah Rolling Stones.

R:Pertanyaan di Kick Andy itu dihafalkan, dicatat atau spontan ?
A:dipelajari, sekarang Om sedang mempelajari tentang ibu Megawati karena minggu depan akan diangkat tema tentang ibu Megawati.

r:Bagaimana cara membuat suatu acara menjadi disukai orang?
A:Kita harus melakukan riset kecil tentang apa yang diinginkan oleh penonton.

T:Adakah kiat – kiat agar sukses dan tidak grogi saat mewawancarai orang?
A:Pertama ,kita harus menguasai masalah itu. Kalau sudah dikuasai, pasti tidak grogi. Dan juga, harus ada kerja keras dibalik itu. Nah kiat suksesnya itu begini. Pasti ada orang yang berpikir bahwa pertanyaan om itu pedes, tapi orangnya yang diwawancara kok gak marah, karena, kalau itu merupakan suara hati masyarakat kita menempatkan diri seperti itu, biasanya orang gak akan marah.

P: Ngomong – ngomong soal acara, om punya ide untuk buat acara selanjutnya ?
A:Ini pertanyaan yang sulit ,karena anak saya selalu minta agar topiknya tentang “Street Basketball”, tapi untuk sementara mungkin akan ada segment seperti itu.

R:Kira – kira sudah berapa tokoh yang diwawancara di Kick Andy?
A:Kick Andy sudah hampir tiga tahun dan tokoh yang sudah saya wawancarai ada ratusan

r:Pak Andy kan selalu terlihat semangat ,pernahkah pak andy menangis saat mewawancarai orang?
A:Walau ini program yang menyemangati orang lain tapi ada kalanya om menangis juga. Pada saat itu om mewawancarai anak penderita kanker yang kakinya diamputasi, tapi kemudian dari acara Kick Andy mendapatkan Kursi Roda, tapi kemudian anak itu meninggal.

T: Menurut Pak Andi siapa tokoh yang paling berkesan saat diwawancarai
A: Semua sangat mengesankan tapi ada beberapa yang sangat berkesan seperti contohnya Mayor Alfredo dan Sugeng , tokoh yang saya wawancara dalam acara Kick Andy. Semua profesi boleh diwawancarai di Kick Andy tapi harus mempunyai nilai untuk orang lain.

P:Hal yang paling ingin bapak lakukan sekarang atau dimasa depan ?
A:Membantu orang, Jadi, gara gara Kick Andy ,om dapat pekerjaan menyenangkan ,karena bisa membantu orang, sekarang ada Kick Andy Foundation, sekarang om sedang membantu sekolah sekolah miskin.

R:Siapa orang yang paling ingin om wawancarai tapi belum bisa ,ada gak om?
A: Ada yaitu Pak SBY karena ribet kalau mau wawancara presiden. Waktu itu hampir bisa,tapi batal, karena terlalu ribet mengurusnya. Pak SBY maunya di istana, tetapi saya mau di studio, selain itu kalau presiden ke studio juga pasti akan ada banyak polisi yang mengawal.

r:Apakah om pernah mewawancarai orang luar negeri, kalau pernah siapa saja ?
A:Baru Anwar Ibrahim, Xanana Gusmao dan Mayor Alfredo

T:Apa cita – cita om Andy sejak kecil?
A:Saya sebenarnya ingin menjadi wartawan , karena ada Ibu guru di kelas 4 namanya Ibu guru Ana, yang pernah muncul juga di acara Kick Andy. Ia yang memberi semangat mulai dari saya menjadi wartawan. Saya terus mencari-cari dia tetapi pada akhirnya saya menemukan dia untuk berterimakasih dan tampil di Kick Andy

P:Rahasia om sampai bisa sesukses ini apa ya om, bisa share
tidak?
A:Tetap rahasia, hahahahahaha. Sebenarnya tidak, ada rahasia, tapi ada hal yang ingin om bagi yaitu lentera jiwa, om mempunyai lentera jiwa untuk menjadi wartawan jadi om ikuti dan sukses. Mungkin kalau kamu ikuti lentera jiwamu mungkin lebih sukses.

R:Apakah menurut om kita boleh mengharapkan mukjizat dalam menuju sukses?
A: Saya rasa tidak, karena walaupun Tuhan memberi mukjizat, ia juga berkata : Kalau kamu tidak berusaha mengubah nasibmu, maka tidak akan berubah

R:Hobi om selain wawancara itu apa saja?
A:Om suka membaca dan juga berenang

T:Bapak kan selalu bagi bagi buku apa tidak rugi
A: Tidak, karena itu bukan uang om sendiri tetapi juga merupakan uang acara Kick Andy

P:Ada Pesan buat kita gak om biar gak gampang putus asa
A:Pesannya adalah jangan putus asa kalau gagal, karena gagal adalah keberhasilan yang tertunda

P:Om saya mau menyampaikan pertanyaan terakhir, Apa tujuan om menjadi pembawa acara Kick Andy, uang, ketenaran, atau keinginan untuk membantu orang lain.
A:Sebenarnya tujuan saya adalah untuk membantu orang lain, tapi sebenarnya, ini adalah beban yang dilihat sebagai karunia yang mengijinkan om untuk membantu orang lain.

P:Terimakasih ya om atas waktunya maaf kalau ada kesalahan kata dan salam sejahtera

Begitulah wawancara kami dengan Andi F. Noya, terimakasih untuk perhatiannya dan saya ucapkan salam sejahtera



------- ***** --------

2 komentar: